Halaman

    Social Items

Pengertian Koloid dan Sifat - Sifat Koloid

Pengertian Koloid Adalah

Koloid adalah keadaan material yang memiliki ukuran antara ukuran partikel dan suspensi. Dalam larutan, suatu zat didispersikan / dilarutkan ke dalam pelarut untuk membentuk campuran homogen, di mana partikel-partikel ke dalam pelarut membentuk campuran homogen, di mana partikel-partikel zat terlarut bercampur sempurna dengan pelarut sehingga tidak ada perbedaan. Dengan cara yang sama, partikel-partikel koloid didispersikan / didispersikan ke dalam media, dan menghasilkan sistem koloid. Partikel koloid terdispersi disebut zat terdispersi, dan media di mana partikel terdispersi disebut media pendispersi.

Sifat - Sifat Koloid

Seperti apa sifat-sifat koloid? Koloid mempunyai sifat sebagai berikut:
  • Efek Tyndall: Efek Tyndal adalah kemampuan koloid untuk menyebarkan cahaya ke segala arah. Fenomena ini juga dapat digunakan untuk membedakan larutan dari koloid, karena larutan tidak memiliki sifat hamburan cahaya dan dapat menjelaskan dispersi koloid yang buram (minyak zaitun dan air dapat tembus cahaya, tetapi jika keduanya dicampur akan membentuk koloid yang menyerupai susu) .
  • Gerakan Brown: Jika sistem koloid diamati menggunakan mikroskop optik, dengan arah tegak lurus terhadap berkas cahaya dan latar belakang gelap, maka partikel yang tampak seperti bintik-bintik berkilauan akan muncul. Jika pergerakan titik-titik itu diikuti, tampak bahwa bintik-bintik itu bergerak secara acak ke segala arah. Gerakan acak ini disebut gerakan Brown. Ini terjadi karena jumlah tumbukan molekul di satu sisi molekul tidak sama di sisi lain.
  • Adsorpsi: Adsorpsi disebabkan oleh adanya gaya Van der Waals pada permukaan partikel yang dapat menarik atom (molekul / ion) dari zat lain. Padatan dapat sebagai adsorben, tetapi kemampuan koloid untuk menyerap lebih tinggi dari padatan, karena koloid memiliki luas permukaan yang lebih besar.

No comments