Halaman

    Social Items

Pengertian Psikotropika dan Golongan Psikotropika

Pengertian Psikotropika Adalah

Psikotropika adalah zat atau obat narkotika, baik alami maupun sintetis, dimana memiliki sifat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada sistem saraf pusat, dan dapat menyebabkan ketergantungan atau kecanduan. Zat-zat yang termasuk dalam kelompok psikotropika termasuk amfetamin, ekstasi, dan metamfetamin. Sedangkan klasifikasi dan contoh psikotropika sepenuhnya dijelaskan oleh UU No. 5 tahun 1997.

Golongan Psikotropika

Menurut UU No. 5 tahun 1997, obat psikotropika dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu:
  • Kelompok I, memiliki potensi yang sangat kuat dalam menyebabkan ketergantungan dan dinyatakan sebagai barang terlarang. Contoh: ekstasi (MDMA = 3,4-Methylene-Dioxy Methil Amphetamine), LSD (Lysergic Acid Diethylamid), dan DOM.
  • Kelompok II, memiliki potensi kuat dalam menimbulkan ketergantungan. Contohnya: amfetamin, metamfeamin (metamfetamin), dan fenetilin.
  • Kelompok III, berpotensi menyebabkan ketergantungan, dapat digunakan untuk pengobatan tetapi harus diresepkan oleh dokter. Contoh: amorbarbital, brupronorfina, dan mogadon (sering disalahgunakan).
  • Kelompok IV, memiliki potensi ringan untuk menyebabkan ketergantungan, dapat digunakan untuk perawatan tetapi harus diresepkan oleh dokter. Contoh: diazepam, nitrazepam, lexotan (sering disalahgunakan), pil koplo (sering disalahgunakan), obat penenang (sedativa), dan pil tidur (hipnotik).

No comments