Halaman

    Social Items

Pengertian Gempa Bumi dan Jenis - Jenis Gempa Bumi

Pengertian Gempa Bumi Adalah

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi akibat pergerakan lapisan batuan bumi yang berasal dari bagian bawah atau bawah permukaan bumi. Peristiwa alam sering terjadi di daerah yang dekat dengan gunung berapi dan juga di daerah yang dikelilingi oleh lautan luas. Gempa bumi terjadi karena pergeseran lapisan lapisan tanah dan letusan gunung berapi yang menghancurkan. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan efek luar biasa. Karena itu, konsekuensi yang ditimbulkan luar biasa. Getaran gempa sangat kuat dan menyebar ke segala arah sehingga mereka dapat menghancurkan bangunan dan menyebabkan korban.

Jenis - Jenis Gempa Bumi

Berdasarkan penyebabnya, jenis-jenis gempa bumi dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa bumi tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mereka mengalami pergerakan. Teori "Lempeng Tektonik" berisi penjelasan bahwa bumi kita terdiri dari beberapa lapisan batuan. Sebagian besar lapisan kerak ini akan mengapung dan mengapung dalam lapisan, seperti salju. Lapisan ini bergerak sangat lambat sehingga pecah dan bertabrakan satu sama lain. Itulah sebabnya gempa bumi terjadi. Sementara itu, gempa vulkanik terjadi karena letusan gunung berapi yang sangat kuat. Gempa vulkanik ini kurang umum jika dibandingkan dengan gempa tektonik.

Gempa dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim. Meskipun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja, seperti pada batas Plat Pasifik. Tempat ini dikenal dengan sebutan lingkaran api karena banyaknya gunung berapi.

No comments