Halaman

    Social Items

Pengertian Hujan Asam, Penyebab dan Dampak Hujan Asam

Pengertian Hujan Asam Adalah

Yang dimaksud hujan asam adalah hujan dengan pH sangat rendah pada tetesan air. Penyebab yang paling dominan  terjadinya hujan asam adalah SO2, CO2, dan NO. Dengan komposisi udara di atmosfer normal, hujan akan turun dengan pH 5,6 sehingga hujan yang memiliki pH <5,6 dapat dikategorikan sebagai hujan asam. Penelitian pada lapisan es menunjukkan pH hujan telah berubah dari 6 menjadi 4 karena banyaknya gas buangan yang memicu hujan asam dengan pH mencapai 2,4 (pH yang mengandung cuka). dan siklus biologis tanah) dan manusia (kendaraan bermotor dan asap industri).

Gas-gas di atas kemudian akan bereaksi dengan hujan untuk membentuk asam. Hujan asam sangat merusak karena membunuh tunas tanaman. Jika pucuk tidak bisa tumbuh, tidak akan ada siklus hidup tanaman. Tanah juga bisa menjadi asam, logam mudah berkarat, dan kesehatan manusia juga akan terganggu.

Penyebab Hujan Asam

penyebab utama terjadinya hujan asam adalah di akibatkan oleh gas industri dan gas kendaraan bermotor, lebih baik kita menggunakan mesin yang lebih ramah dengan lingkungan sekitar  karena menghasilkan lebih sedikit asap yang mengandung belerang, nitrogen dan karbon. Kontrol ketiga bahan ini biasanya dilakukan pada cerobong asap industri dengan elektrolisis sehingga unsur-unsur ini tidak akan terbang ke udara tetapi menggumpal dan jauh ke dasar cerobong asap.

Dampak - Dampak Hujan Asam

Hujan asam memiliki dampak luar biasa pada kehidupan semua makhluk hidup di Bumi. Dampak yang dapat disebabkan oleh hujan asam meliputi:
  • Kesehatan manusia: Hujan asam yang mengandung kadar asam tinggi dapat menyebabkan panas yang tidak nyaman.
  • Vegetasi: SOx beracun bagi tanaman karena menyebabkan pertumbuhan berkurang pada konsentrasi> 0,1 ppm. Hanya ada beberapa tanaman yang bisa mentolerir tanah asam.
  • Bangunan: Hujan asam menyebabkan erosi bangunan yang terbuat dari batu kapur dan marmer. Struktur besi dan baja dengan cepat menjadi rusak jika terkena hujan asam.
  • Air di alam: Organisme air mungkin sensitif terhadap efek hujan asam. Pengasaman danau merupakan masalah yang dihadapi di daerah yang mengandung granit. Danau kapur secara alami memiliki penyangga yang dapat menetralkan efek hujan asam.
  • Meningkatkan konsentrasi logam dalam air: senyawa logam sering terbentuk ketika logam yang terkandung dalam batuan membentuk garam dan asam sulfur. Logam itu mungkin memiliki sifat beracun bagi manusia.

No comments