Halaman

    Social Items

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Adalah

Sebenarnya, apa artinya seni? Memahami seni adalah ekspresi perasaan manusia yang memiliki unsur keindahan di dalamnya dan diekspresikan melalui media yang nyata di alam, baik dalam bentuk nada, bentuk, gerak, dan puisi, dan dapat dirasakan oleh kelima indera manusia .

Pendapat Lain Mengatakan bahwa pengertian seni adalah semua sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang mengandung unsur keindahan dan dapat memengaruhi perasaan orang lain disekitar. Intinya, seni adalah hasil dari aktivitas batin seseorang yang diekspresikan dalam bentuk karya yang dapat memengaruhi perasaan manusia.

Definisi seni etimologis berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Sani, yang berarti ibadah, persembahan, dan pelayanan. Dengan kata lain, seni sangat erat kaitannya dengan upacara keagamaan yang juga disebut "seni".

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa arti seni, kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli tentang definisi seni. Berikut ini adalah pemahaman seni menurut para ahli:

1. Aristoteles
Menurut Aristoteles, gagasan seni adalah bentuk ekspresi dan penampilan yang tidak pernah menyimpang dari kenyataan, dan seni itu meniru alam.

2. Plato
Menurut Plato, gagasan seni adalah hasil peniruan alam dan semua isinya (ars imitator naturam).

3. Herbert Read
Menurut Herbert Read, pengertian seni adalah ekspresi dari casting hasil pengamatan dan pengalaman yang berhubungan dengan perasaan, aktivitas fisik dan psikologis ke dalam bentuk karya.

4. Thomas Munro
Menurut Thomas Munor, definisi seni adalah alat buatan manusia untuk menimbulkan efek psikologis pada manusia lain yang melihatnya.

5. Leo Tolstoy
Menurut Leo Tolstoy, gagasan seni adalah ekspresi perasaan pencipta yang kemudian diungkapkan kepada orang lain dengan harapan bahwa mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pencipta.

6. Sudarmaji
Menurut Sudarmaji, gagasan seni adalah manifestasi batin dan pengalaman estetika manusia menggunakan garis media, bidang, warna, tekstur, volume, dan kegelapan terang.

7. Ki Hajar Dewantara
Menurut Ki Hajar Dewantara, seni adalah hasil dari keindahan sehingga dapat mempengaruhi perasaan seseorang disekitar yang melihatnya, dan seni adalah tindakan manusia yang dapat mempengaruhi dan menciptakan perasaan keindahan.

8. Alexander Baum Garton
Menurut Alexander Baum Garton, gagasan seni adalah keindahan dan tujuan positif yang membuat penikmat merasakan kebahagiaan.

9. Drs. Popo Iskandar
Menurut Popo Iskandar, gagasan seni adalah hasil dari ekspresi emosional yang ingin disampaikan seseorang kepada orang lain dalam kesadaran hidup dalam komunitas / kelompok.

10. Immanuel Kant
Menurut Immanuel Kant, definisi seni adalah mimpi karena formula tidak bisa meninggalkan kenyataan.

11. Hilary Bel
Menurut Hilary Bel, memahami seni adalah istilah yang digunakan untuk semua karya yang dapat membangkitkan hati untuk mencari tahu siapa penciptanya.

12. Eric Ariyanto
Menurut Eric Ariyanto, gagasan seni adalah kegiatan spiritual atau batin yang tercermin dalam bentuk karya dan dapat membangkitkan perasaan seseorang yang melihat atau mendengarnya.

13. Ensiklopedia Indonesia
Menurut Ensiklopedia Indonesia, gagasan seni adalah penciptaan segala sesuatu, karena keindahannya, orang senang melihat atau mendengarkannya.

Baca Juga : Fungsi - Fungsi Seni

Baca Juga : Macam - Macam Seni


No comments