Halaman

    Social Items

Pengertian Simbiosis Parasitisme dan Jenis - Jenis Parasitisme

Pengertian Simbiosis Parasitisme Adalah

Definisi parasitisme adalah bentuk simbiosis (kerja sama) dari dua individu yang mendapat untung, sedangkan individu yang menjadi pasangannya menderita kerugian, karena makanan yang disedot dalam tubuhnya oleh mereka yang diuntungkan. Organisme yang menderita kerugian disebut inang atau inang, sedangkan organisme yang mendapat manfaat disebut parasit. Organisme yang ditempati oleh parasit secara bertahap menjadi sengsara, dan akhirnya mati.

Jenis - Jenis Parasitisme

Berdasarkan menurut cara mendapatkan makanan terbagi menjadi dua yaitu:
  • Parasit sejati, yaitu parasit yang hidupnya sepenuhnya bergantung kepada hospesnya, termasuk pula kebergantungan dalam menyelesaikan daur hidupnya. Pada golongan tumbuhan yang dikenal sebagai parasit sejati ialah tumbuhan tali putri (Cuscuta filiformis), karena ia tidak mengandung klorofil atau tidak dapat berfotosintesis sehingga kehidupannya bergantung kepada tumbuhan lain. Untuk kelompok hewan yang merupakan parasit sejati, misalnya, kehidupan lalat Tachinidae yang merupakan parasit terhadap ulat penggerek tebu yang digunakan sebagai tempat bertelur dan di mana larva hidup, dengan sifatnya tersebut lalat ini digunakan sebagai pemberantasan hama tanaman tebu secara biologis,
  • Semi-parasit, yaitu parasit yang hidupnya tidak sepenuhnya bergantung pada organisme lain, karena mereka sendiri dapat berfotosintesis, hanya sebagian bahan yang dibutuhkan bersumber dari organisme lain atau membutuhkan inang. Contohnya: benalu (Loranthus sp.) dan paku picisan (Drymoglossum heterophylla).
Berdasarkan jenis hopesnya, ada dua jenis parasit yang dikenal sebagai:
  • Parasit obligat, yaitu parasit yang seluruh hidupnya membutuhkan inang tertentu, dan inang tidak dapat digantikan oleh organisme lain.
  • Parasit fakultatif, yaitu parasit yang hidupnya tidak bergantung pada satu jenis hospes, tetapi dapat berganti-ganti hospes.

No comments