Halaman

    Social Items

Fungsi - Fungsi Seni

Fungsi Seni

fungsi seni secara umum adalah sebagai bentuk / cara menyampaikan ekspresi seseorang kepada orang lain dan lingkungannya. Beberapa fungsi seni dapat dibedakan dalam dua kelompok, yaitu fungsi seni untuk individu dan fungsi seni untuk sosial.

A. Fungsi Seni untuk Individu

Bagi individu, seni memiliki fungsi sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Bentuk-bentuk kebutuhan ini meliputi:

1. Seni sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan fisik
Manusia adalah makhluk yang memiliki kemampuan untuk memberikan apresiasi terhadap keindahan dan penggunaan berbagai benda. Dalam proses memenuhi kebutuhan fisik ini, seniman memiliki peran penting dalam menciptakan berbagai objek bernilai artistik untuk memenuhi kebutuhan fisik dan memberikan kenyamanan bagi orang lain.

2. Seni sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan emosional
Emosi adalah perasaan pada manusia, baik perasaan senang, marah, sedih, emosi, cinta, benci, dan sebagainya. Setiap orang perlu melampiaskan perasaan batin mereka sehingga kondisi mental mereka tetap normal.

Untuk memenuhi kebutuhan emosional ini, manusia membutuhkan dorongan dari luar diri mereka sendiri. Misalnya, seseorang yang memiliki semangat artistik dan estetika akan mengekspresikan emosinya melalui musik, melukis. Atau ketika seseorang merasa stres, maka dia membutuhkan waktu untuk rekreasi, menonton film, atau hal-hal lain untuk menghilangkan stres mental.

B. Fungsi Seni untuk Sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain dan lingkungannya. Dalam hal ini seni juga berfungsi sebagai media untuk memenuhi kebutuhan sosial ini.

1. Seni sebagai Media Agama / Kepercayaan
Seni memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan agama / agama kepada manusia. Kita bisa melihat ini dari pakaian / pakaian, upacara pernikahan, upacara kematian, lagu spiritual, kaligrafi, dan sebagainya.

Kita bisa melihat contoh-contoh fungsi seni dalam agama di Candi Borobudur dan Prambanan. Relief di dinding kuil adalah ilustrasi kitab suci Buddha dan Hindu.

2. Seni sebagai Media Pendidikan
Seni juga memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu
  • Pendidikan formal; pendidikan di lingkungan sekolah
  • Pendidikan non formal; pendidikan di masyarakat
  • Pendidikan informal; pendidikan di lingkungan keluarga
  • Melalui seni, individu dapat belajar tentang nilai dan sains dengan cara yang menyenangkan. Misalnya, seorang siswa dapat belajar musik atau drama, di mana kegiatan ini dapat mengekspresikan diri kepada orang lain.
3. Seni Sebagai Media Informasi
Melalui seni, kita dapat menjelaskan hal-hal kepada orang lain dengan lebih mudah. Misalnya, penggunaan poster yang memiliki nilai artistik, di mana terdapat informasi tentang bahaya narkoba, pentingnya imunisasi, dan penyampaian program pemerintah.

4. Seni sebagai media hiburan
Sebagian besar yang terkait dengan hiburan mengandung unsur-unsur seni di mana aktor seni dapat mengekspresikan diri secara aktif atau pasif. Seorang seniman bisa merasa senang, marah, terharu, ketika karyanya disukai atau tidak disukai orang lain.

Demikian juga individu yang melihat, mendengar, merasakan karya seni. Manusia dapat merasa terhibur ketika mereka melihat lukisan, menonton film, atau menonton konser musik.

Baca Juga : Macam - Macam Seni

Baca Juga : Pengertian Seni Menurut Para Ahli

No comments