Halaman

    Social Items

Macam - Macam Seni

Macam - Macam Seni

Seni dapat dinikmati melalui media pendengaran (audio art), visi (visual art), dan kombinasi keduanya (audio visual art). Secara umum, seni dapat dibagi menjadi empat kelompok, yaitu:

1. Seni Musik
Seni musik adalah karya seni yang menggunakan suara sebagai elemen utamanya. Selain itu, ada juga unsur-unsur lain dalam musik seperti harmonisasi, melodi, dan notasi. Selain alat musik, suara musik juga berasal dari manusia, misalnya akapela atau beatbox.

2. Seni Rupa
Seni rupa adalah karya seni yang dapat dinikmati melalui media visual, atau seni visual. Seni rupa fokus pada karya yang memiliki bentuk dan bentuk yang diekspresikan dalam bentuk lukisan, gambar, patung, kerajinan tangan, multimedia, dan lain-lain.

3. Menari
Tarian adalah bentuk seni yang memanfaatkan gerakan tubuh sebagai keindahan. Sutradara tari (koreografer) dapat menyampaikan maksud atau pesan tertentu melalui gerakan dansa.

Secara umum seni tari dipadukan dengan seni musik. Dengan begitu konsentrasi dan konsistensi gerakan tarian menjadi lebih sempurna dalam menyampaikan pesan dan perasaan.

4. Seni Sastra
Seni sastra adalah bentuk seni yang dinikmati melalui media pendengaran dan penglihatan. Melalui seni sastra dalam kata-kata, seseorang dapat menyampaikan pesan dan kesan dengan cara yang indah. Contoh seni sastra seperti puisi (suara) dan kaligrafi (tulisan).

5. Seni Teater
Seni teater adalah seni yang memvisualisasikan imajinasi atau menggambarkan pikiran seseorang. Hasil imajinasi terkait dengan perilaku makhluk hidup, baik secara individu maupun dalam kelompok.

Keterampilan dasar dalam seni teater adalah kemampuan untuk membuat skrip, memahami karakter, dan mengekspresikan karakter dalam teks.

Baca Juga : Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Baca Juga : Fungsi - Fungsi Seni

No comments